Blogger Lampung Barat

Lampung Barat Ikut Festival Keraton Nusantara VII

Posted on: November 28, 2010

Kabupaten Lampung Barat mengikuti kegiatan dua tahunan Festival Keraton Nusantara  VII di Palembang, Sumatera Selatan.

“Setiap dua tahun Lampung Barat mengikuti kegiatan Festival Keraton Nusantara, sebab Lampung Barat memiliki kerajaan dan terdapat raja,” kata Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Lampung Barat, Sudirman,  di Liwa, Jumat.

Dia menjelaskan, Lampung Barat telah menyiapkan personil untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Menurut dia, kegiatan Festival Keraton Nusantara sebagai wadah yang tepat untuk mengenalkan budaya asli Lampung terutama Lampung Barat.

“Masyarakat di daerah ini masih memegang teguh tatanan adat yang dititahkan oleh raja, sehingga dengan kearifan lokal ini, kebudayaan nenek moyang dapat terus lestari,” kata dia.

Kemudian lanjut dia, Lampung Barat kaya akan potensi budaya unik, sehingga menjadi modal sebagai tempat tujuan wisata di Provinsi Lampung.

Festival Keraton Nusantara ke 7 dilaksanakan di Palembang Sumatera Selatan pada tanggal 26 hingga 29 november, di Benteng kuto Besak.

Acara yang diselenggarakan itu bedasarkan musyawarah dari raja raja, dan menetapkan Keraton Kesultanan Palembang Darussalam sebagai tuan rumah penyelenggara kegiatan tahunan tersebut.

Festival Keraton Nusantara akan diisi dengan kirab agung, malam seni, pemberian penghargaan adat, musyawarah besak raja serta sultan, dan pameran benda pusaka.

Lampung Barat ikut memeriahkan kegiatan tahunan tersebut dengan mengerahkan sekitar 320  personel, yang 75 persennya adalah perangkat keagungan kerajaan yang akan ikut dalam Kirab Agung.

Dalam acara “Kirab Agung” tersebut Lampung Barat akan mengambil tema “Lapahan Sai Batin”.

Selain itu dalam malam seni, Lampung Barat ikut memeriahkan juga dengan penampilan tari tradisional dengan menampilkan tari “Payan Duakha” dan “Netok Adok” yang akan di tampilkan sekitar 26 penari, yang berasal dari sangar tari Setiwang, di bawah naungan Pemkab Lampung Barat.

Kegiatan nasional itu menjadi jalan untuk Lampung Barat mengenalkan lebih luas lagi kebudayaan asli dan keunikan masyarakat setempat, yang menjadi daya tarik sendiri bagi Lampung Barat sebagai daerah tujuan wisata.

Berdasarkan sejarah, kerajaan Sekala Beghak, artinya tetesan yang mulia, kawasan tersebut dianggap sebagai kawasan tempat lahir dan hidup orang-orang mulia keturunan orang mulia pula.

Sekala Beghak masuk Kabupaten Lampung Barat, pusat kerajaannya di sekitar Kecamatan Batubrak, Kecamatan Sukau, Kecamatan Belalau, dan Kecamatan Balikbukit dan Lereng Gunung Pesagi itulah diyakini sebagai pusat Kerajaan Sekala Beghak yang menjadi pula asal usul suku bangsa Lampung.

1 Response to "Lampung Barat Ikut Festival Keraton Nusantara VII"

Isi absen dulu bro
selamat MILAD Provinsi Lampung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: