Blogger Lampung Barat

DPRD Lampung Barat Setujui Tiga Raperda dengan Catatan

Posted on: Mei 29, 2010

Dalam rapat Paripurna DPRD Lampung Barat (Lambar) kemarin (17/5), lima fraksi menyetujui dengan catatan tiga rancangan peraturan daerah (raperda) untuk disahkan menjadi perda. Yaitu Raperda Kegiatan Usaha Panas Bumi, Raperda Pengelolaan Perusahaan dan Pelayanan Air Bersih PDAM Limau Kunci, serta Raperda Perusahaan Daerah (PD) Pesagi Mandiri Perkasa.

Anggota Fraksi Karya Baru Nasional Indonesia Raya Hi. Harun Roni misalnya, mengatakan PD Pesagi Mandiri Perkasa yang akan dibentuk harus jelas. Sesuai penyampaian di tingkat panitia khusus (pansus). ’’Usaha yang akan dilaksanakan hendaknya mendorong peningkatan pendapatan asli daerah Lambar. Artinya, usaha yang akan dijalankan itu nantinya diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi Lambar,” ungkap Harun.

Menurutnya, agar PDAM dalam membuat aturan membedakan tarif. Seperti golongan sosial, rumah tangga, niaga, dan industri. Tidak hanya itu. Penghitungan tarif agar lebih ditekan guna penghematan air bagi pemakai (tidak boros) dan biaya denda keterlambatan harus diberlakukan. Kemudian ada jaminan kualitas air siap minum terhindar dari bau, kotor, dan lain-lain. Harus juga disiapkan informasi bagi pelanggan serta pembenahan manajemen secara total baik dalam dan luar.

Sementara untuk panas bumi, lanjutnya, perusahaan wajib memperhatikan sarana dan prasarana berkaitan masyarakat umum. Seperti pendidikan, kesehatan, jalan, air bersih, rumah ibadah, dan kegiatan pemuda, serta kegiatan eksplorasi dan eksploitasi harus menjaga hutan penyangga,” imbuhnya.

Sementara itu, anggota Fraksi PDIP Dadin Ahmadin mengungkapkan, pihaknya berharap setelah tiga raperda itu disahkan agar dalam pelaksanaannya dapat benar-benar diterapkan dengan sungguh-sungguh dan profesional. Sehingga, apa yang telah diatur dalam raperda tersebut dapat terlaksana dan tujuan yang diharapkan dapat tercapai.

’’Kegiatan usaha panas bumi diharapkan dapat dikelola pihak yang benar-benar berkompeten dalam bidang usaha panas bumi atau yang bergerak di bidang pembangkit listrik tenaga panas bumi. Hal itu dimaksudkan agar kegiatan eksploitasi dan ekplorasi benar-benar dapat berjalan dengan baik. Namun, tetap memperhatikan kelestarian lingkungan sekitar,” ujarnya.

Terkait PDAM Limau Kunci, pihaknya menilai, keberadaannya sebagai penyuplai air bersih untuk Lambar kini sudah mulai membaik. Namun, pihaknya mengharapkan agar kinerja perusahaan daerah ini dapat lebih ditingkatkan lagi sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat lebih meningkat dan dapat menjadi perusahaan daerah yang mandiri. Tidak hanya mengandalkan bantuan pemerintah.

’’PD Pesagi Mandiri Perkasa kami harapkan dapat benar-benar berjalan dan berfungsi dengan baik. Sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan memberikan kontribusi pada sektor PAD bagi Lambar,” ujar Dadin.

Di lain pihak, anggota Fraksi Partai Demokrat Bahrin Ayub mengatakan, pihaknya meminta kepada seluruh camat dan Kasatker di lingkungan pemkab agar setiap digelarnya paripurna dapat hadir lengkap. Sehingga, mereka mengetahui ada perda yang baru karena selama ini kerap para camat dan Kasatker banyak yang tidak hadir pada kegiatan paripurna padahal itu penting. ’’Mohon kiranya hal ini menjadi perhatian kita semua terutama eksekutif,” sindir Bahrin.

Sementara itu, Bupati Lambar Drs. Hi. Mukhlis Basri mengatakan, sangat berterima kasih dan mengucapkan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh anggota DPRD Lambar baik anggota komisi, badan legislasi, maupun panitia khusus serta masing-masing fraksi yang telah bekerja keras dalam melakukan pembahasan ketiga raperda tersebut. (lus/rim)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: