Blogger Lampung Barat

Investor Jakarta Lirik Sungai Lambar

Posted on: Mei 26, 2010

LIWA (LampostOnline): Calon investor mulai melirik berbagai potensi energi dan sumber daya mineral di Lampung Barat.

Bahkan, mulai Senin (24-5) hingga Rabu (2-6) mendatang calon investor dari PT Bukaka Jakarta akan menyurvei potensi sungai yang dapat dijadikan pembangkit listrik tenaga air.

Kabid Pertambangan dan Energi Dinas Kehutanan Lampung Barat Alzaziri Sabki, mendampingi Kadis Kehutanan Lambar Fauzi, mengatakan tim dari PT Bukaka akan menyurvei 12 titik sungai yang dapat dijadikan PLTA.

Perusahaan itu juga akan meninjau beberapa potensi yang dapat dijadikan sebagai pembangkit listrik tenaga mikro-hidro (PLTMH).

Dua belas titik sungai yang akan disurvei, kata dia, di antaranya terdapat di Way Semangka, Pekon Sukabumi (Batubrak), yang diperkirakan memiliki tenaga listrik 39–118 mw. Kemudian Way Petai di Pekon Simpangsari, Sumberjaya, dengan output mencapai 30–90 mw.

Selain menyurvei 12 titik sungai yang dapat dijadikan PLTA, PT Bukaka juga akan menyurvei beberapa potensi yang dapat dijadikan sebagai pembangkit listrik tenaga mikrohidro. Potensi tersebut antara lain yang terdapat di Way Burhan, Kecamatan Suoh, dengan kapasitas pembangkit (kw) mencapai 37.146 kw dan 1007 KK. Kemudian di Way Tulangsekandak terdapat 1.291 KK dengan kapasitas 26.873 kw.

Menurut Alzaziri, potensi PLTMH di Lambar cukup tinggi. Di Suoh terdapat 11 titik, lalu Belalau (6), Ngambur (2), Sukau (2), dan Balik Bukit (1).

Karya Penggawa dan Pesisir Tengah masing-masing dua titik. Kemudian Bengkunatbelimbing (3), Lemong dan Sekincau masing-masing 2 titik. Survei yang dilakukan PT Bukaka merupakan hasil kunjungan kerja bupati ke Jakarta beberapa hari lalu,” kata dia. (ELI/D-3/L-1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: