Blogger Lampung Barat

Sembilan Perusahaan Minta Berkas

Posted on: Mei 26, 2010

Lelang potensi panas bumi di Suoh-Sekincau, Lampung Barat (Lambar), diumumkan sejak Senin–Selasa (10/5–1/6). Bahkan, hingga akhir pekan kemarin telah ada sembilan perusahaan yang sudah meminta berkas pengumuman ke pemerintah pusat.

’’Informasi yang kita terima dari pusat bahwa sekitar sembilan perusahaan sudah meminta berkas pengumuman. Sejumlah perusahaan tersebut juga sudah datang ke Dinas Kehutanan dan Sumber Daya Alam (Dishut-SDA) Lambar untuk berkunjung,” terang Kabid Pertambangan dan Energi Alzaziri Sabki, S.E., M.M. mendampingi Kadishut dan SDA Hi. Fauzi, S.I.P. kepada wartawan koran ini kemarin (16/5).

Dijelaskannya, jika perusahaan-perusahaan tersebut berminat mengambil dokumen lelang, harus ada jaminan kesungguhan. Di antaranya berupa cek dana Rp1 miliar. Kemudian sesuai peraturan pemerintah (PP), untuk jaminan pelaksanaan kegiatan salah satu persyaratan perusahaan sehat harus ada uang kas Rp10 juta dolar atau Rp100 miliar. ’’Jika pihak perusahaan tidak memiliki jaminan kesungguhan mereka ikut lelang, perusahaan itu tidak bisa mengambil dokumen lelang,” imbuhnya.

Menurutnya, potensi panas bumi di Suoh-Sekincau itu sudah bisa dikelola. Itu karena menteri energi dan sumber daya mineral (ESDM) telah menetapkan wilayah kerja pertambangan (WKP) itu berdasarkan surat keputusan (SK) No. 2478 K/30/MEM/2009 tentang Penetapan WKP Panas Bumi di daerah Suoh-Sekincau Lambar.

Proses lelang tahap I, lanjutnya, kegiatannya antara lain seleksi berkas, keuangan, dan perencanaan teknis. Sedangkan tahap II akan dilaksanakan sekitar Agustus–Sepetember dengan kegiatan perankingan yang diajukan kepada bupati. Terakhir, pengumuman.

’’Rancangan peraturan daerah (raperda) panas bumi sudah dibahas di tingkat panitia khusus (pansus) beberapa waktu lalu. Saat ini, kita tinggal menunggu persetujuan dari dewan,” imbuhnya. (lus/rim)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: