Blogger Lampung Barat

Pameran Lukisan Berbahan Pasir Laut Diminati

Posted on: Mei 17, 2010

Karya tangan Hiyasa Hidayat, warga Bengkunat, Kecamatan Bengkunat, Lampung Barat, berupa lukisan tangan berbahan baku pasir laut ikut ditampilkan di stan pameran MTQ ke-38 tingkat Provinsi Lampung, di Liwa.

Lukisan tersebut diminati pengunjung karena penampilannya unik dan bernilai seni dibandingkan dengan lukisan pada umumnya. Harganya pun bervariasi, antara Rp100 ribu–Rp500 ribu/buah, bergantung pada ukuran.

Hiyasa Hidayat mengatakan dia menjadi seniman dengan menciptakan karya seni lukisan berbahan baku pasir laut sejak satu tahun lalu. Hal itu dilakukannya karena potensi pasir di Lambar yang bagus dan tidak perlu dibeli.

Dia berharap karyanya kelak dapat menjadi peluang untuk dikembangkan karena karyanya itu merupakan salah satu potensi di bidang seni di Lambar. Dia mengaku lukisan pasir lautnya cukup diminati orang. Bahkan, kalau melihat potensi pasar yang ada, lukisan pasir laut ini juga dapat menjadi peluang bisnis.

Namun, untuk mengembangkan seni lukisan ini, kata dia, pihaknya terkendala oleh modal. “Pada prinsipnya, untuk pasir tidak dibeli, tapi untuk bahan baku lainnya, seperti data dan bingkai, perlu dibeli. Untuk itu, diharapkan ada dukungan dari Pemkab Lambar untuk mengembangkan karya seni ini,” kata dia.

Selain data dan bingkai, kata dia, kendala lainnya adalah promosi. Selain melalui pameran di arena MTQ ini, promosi ke daerah luar sampai saat ini belum ada.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kata dia, untuk menyelesaikan satu lukisan, dibutuhkan waktu 1–3 hari. Hal itu bergantung pada ukuran dan tingkat kerumitan lukisan yang dibuat.

“Saya berharap Pemkab dapat memberikan pembinaan kepada kami sehingga para perajin, terutama perajin seni lukis, dapat mengembangkan usaha mereka secara luas, baik di dalam maupun di luar daerah. Kendala kami adalah modal dan promosi untuk memperluas jaringan pemasaran,” kata dia.

1 Response to "Pameran Lukisan Berbahan Pasir Laut Diminati"

wah gimana cara buatnya tuh,
jadi tertarik pingin nonton

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: