Blogger Lampung Barat

Panas Bumi Akan Bangkitkan Ekonomi Lampung Barat

Posted on: Mei 15, 2010

Rencana pengelolaan dan pemanfaatan potensi panas bumi Sekincau–Suoh, Lampung Barat, ditargetkan dapat meningkatkan sumber pendapatan asli daerah (PAD) dan membangkitkan ekonomi Lambar.

Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri mengatakan potensi panas bumi Sekincau–Suoh berkekuatan sekitar 430 mw itu kini telah memasuki tahap pelelangan di Sekretariat Kementerian Energi Sumber Daya Mineral di Jakarta.

Menurut dia, dengan akan dikelolanya panas bumi Sekincau–Suoh untuk dijadikan sebagai sumber energi listrik, secara otomatis aset daerah yang dimiliki Lampung Barat nantinya akan mampu membangkitkan taraf hidup masyarakat, sekaligus dapat menambah PAD.

Panas bumi yang nantinya dijadikan sebagai pembangkit listrik tenaga uap (geotermal), selain membangkitkan perekonomian Lambar juga yang tidak kalah penting yang paling utama untuk mengatasi defisit listrik di Lampung yang selama ini terus terjadi. Sebab, kebutuhan listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok.

“Ke depan, dengan dibangunnya panas bumi menjadi sumber energi listrik itu, maka defisit listrik yang selama ini menjadi keluhan akan terjawab,” kata Mukhlis.

Bahkan, rencana pemanfaatan panas bumi itu nantinya juga akan berdampak kepada tumbuh-kembangnya daya saing perekonomian masyarakat. Pada gilirannya, masyarakat kelak diharapkan akan sejahtera. ELI/D3/L-1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: