Blogger Lampung Barat

Pemkab Lambar Gratiskan Pendidikan

Posted on: Maret 13, 2009

Lampung Barat menjadi kabupaten pertama di Provinsi Lampung yang melaksanakan program pendidikan rintisan sekolah gratis dan program pelayanan kesehatan masyarakat bersubsidi.

Asisten III Sekprov Pemrpov Lampung drh. Husodo Hadi menyampaikan hal itu dalam acara pencanangan program unggulan Lampung Barat tersebut, Kamis (12-3). Acara tersebut dihadiri unsur muspida, camat, peratin dan kepala kelurahan serta unsur masyarakat Lambar.

Ia menambahkan pembangunan bidang pendidikan dan kesehatan memiliki keterkaitan yang tidak dapat dipisahkan. Membangun manusia terdidik tanpa memiliki kesehatan yang baik, akan menjadikan manusia lemah. Membangun masyarakat yang secara jasmani dan rohani, tetapi tidak memiliki pendidikan yang cukup, akan menjadi manusia yang kurang bermanfaat bagi pembangunan.

Sebab itu, pembangunan pendidikan dan kesehatan harus seiring dan sejalan sehingga mampu menjadi manusia yang cerdas dan sehat.

Sementara itu Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri dalam sambutannya mengatakan program pendidikan rintisan sekolah gratis adalah program yang memberikan subsidi kepada satuan jenjang pendidikan menengah yaitu SMA negeri dan SMK negeri yang ada di Kabupaten Lampung Barat, Sehinga melalui program ini diharapkan setiap peserta didik dapat memperoleh pendidikan yang layak dengan biaya pendidikan seminimal mungkin yang ditanggung oleh para wali murid.

Program ini bertujuan untuk peningkatan, pemerataan, mutu, efisiensi dan efektifitas pendidikan. Bupati menginformasikan dalam rangka mendukung program kesehatan Pemkab Lampung Barat mendapat bantuan berupa satu unit ambulans dari PT Askes.

“Atas bantuan dan perhatiannya, kami beserta jajaran mengucapkan terima kasih dan kami berharap dapat menjalin kerja sama yang lebih baik lagi untuk masa yang akan datang,” ujar dia.

Program pendidikan rintisan sekolah gratis dan program kesehatan masyarakat bersubsidi merupakan program perdana yang akan dilaksanakan pada tahun 2009, dengan total rencana anggaran biaya (RAB) sebesar Rp15,1 miliar lebih yang terdiri atas subsidi pendidikan Rp13,5 miliar dan subsidi kesehatan Rp2,6 miliar lebih.

Program tersebut merupakan program rintisan menuju ke arah pembebasan biaya atau gratis, dimana pada akhirnya setiap masyarakat akan memperoleh pendidikan dan kesehatan bebas biaya (gratis) terutama bagi masyarakat yang berada di luar Jamkesmas, Jamkesda, Askes, dan Jamsostek.

Sebab itu, agar program ini tepat mutu, tepat waktu, dan tepat sasaran, saya tekankan beberapa hal yaitu kepada para pelaksana agar melaksanakan tugas sebaik-baiknya karena dipercaya untuk melaksanakan pekerjaan yang mulia ini.

Untuk itu, tim koordinasi program ini agar melakukan pembinaan, monitoring, dan evaluasi terhadap program itu dan program pengendalian malaria. Mukhlis juga mengajak dan mengimbau semua pihak untuk menyukseskan program tersebut.

“Saya sangat berharap dukungan dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh wanita dari seluruh masyarakat agar dapat mendukung ketiga program ini untuk peningkatan kualitas kesejahteraan dan kehidupan masyarakat,” kata dia. n HEN/D-2

Sumber : Lampung Post 13/3/09

2 Tanggapan to "Pemkab Lambar Gratiskan Pendidikan"

program oke

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: