Blogger Lampung Barat

Pemkab Lambar Bentuk Kecamatan Danau Ranau

Posted on: Maret 5, 2009

Masyarakat Peduli Danau Ranau (MPDR) Lampung Barat mendukung rencana Pemkab setempat memekarkan sebagian pekon (desa) di Kecamatan Sukau menjadi kecamatan Danau Ranau.

Ketua MPDR Lambar, Rusdi Effendi, mengatakan pemekaran lima pekon, yakni Pekon Lombok, Lombok Timur, Sukabanjar, Heni Arong, dan Ujung Rembun dari Kecamatan Sukau menjadi Kecamatan Danau Ranau merupakan kebutuhan untuk percepatan pembangunan dan memperpendek akses pusat pemerintah kecamatan khususnya untuk Pekon Heni Arong dan Ujung Rembun yang hanya bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua dan perahu motor.

Lima pekon calon Kecamatan Danau Ranau, kata dia, memiliki potensi yang cukup besar baik dari pertanian, perkebunan, perikanan, dan pariwisata. Apalagi seluruh pekon berada di sekitar Danau Ranau. “Langkah ini sangat tepat untuk percepatan pembangunan yang diharapkan dapat meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” kata Rusdi, kemarin (24-2).

MPDR yang memiliki anggota dari seluruh pekon sekitar Danau Ranau, meminta Pemkab mempercepat proses pemekaran tersebut.

“Kami sangat berharap pemekaran ini segera terealisasi,” kata dia.

Sementara itu, Kasubag Tatapraja, Pemerintahan Umum, Sekretariat Pemkab Lambar, Intoni, mendampingi Kabag Pemeirntahan, Umum Amsir, mengatakan hasil kajian Tim Pemekaran Pemkab Lampung Barat menyatakan kecamatan-kecamatan yang diusulkan untuk dimekarkan laik untuk dimekarkan.

Kecamatan yang diusulkan tersebut, kata dia, pemekaran Kecamatan Sumber Jaya dipusatkan di Kebun Tebu; Kecamatan Way Tenong dipusatkan di Air Hitam. Seelain itu, Kecamatan Sekincau dipusatkan di Basungan, Kecamatan Belalau dipusatkan di Batu Kebayan, Kecamatan Suoh dipusatkan di Banjar Negeri, Kecamatan Sukau dipusatkan di Danau Ranau.

Kecamatan Pesisir Tengah dibagi menjadi tiga, yakni Way Krui dan Krui Selatan.

Saat ini, pihaknya sudah mengajukan usulan pemekaran kecamatan itu untuk mendapat rekomondasi dari Gubernur, dan mudah-mudahan semua kecamatan yang diusulkan untuk dimekarkan tersebut disetujui.

Setelah mendapat persetujuan dari Gubernur, kata dia, Pemkab Lampung Barat menindaklanjuti dengan mengajukan rancangan peraturan daerah (ranperda) ke DPRD Lambar.

“Mudah-mudahan rekomondasi Pak Gubernur segera turun sehingga segera ditindaklanjuti,” kata Intoni. n HEN/D-2

Sumber: Lampung Post

2 Tanggapan to "Pemkab Lambar Bentuk Kecamatan Danau Ranau"

saya khususnya warga asli lubok Ranau sangat mendukung langkah langkah yang diamil untuk pemekaran wilayah tersebut karna khususnya wilayah lumbok cukup cakaupannya luas,dan khusus kepada bapak bupati kepala daerah agar bisa menurunkan aparat terkait untuk memantau kondisi danau ranau khususnya wilayah lumbok,karna saat ini danau ranau sudah jorok sekali dengan adanya segelintir orang yang selalu mencari ikan dengan pukat jaring sehingga merusak rumput Danau ( bahasa lampung Galong ),dan danau tersebut samasekali tidak ada lagi penahan gelombangf kalau tejadi ombak dan 90 % biota danau Rusak tolong di tidak lanjuti kasian anak cucu kita pak kalau dulu cari ikan gampang sekarang cari ikan susah,saya secara peribadi sudah bicara dengan dengan kepala desa Bapak Karmadi,namun sampai hari ini belum ada tidak lanjut.

saya sangat setuju dengan adanya pemekaran kecamatan tersebut, karena dengan adanya pemekaran tersebut, kita dimudahkan dalam hal pengurusan dokumen. yang terp0enting adalah dokumen keluarga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: