Blogger Lampung Barat

Penyediaan Sitemap Tidak Menjamin Halaman Terindeks Google

Posted on: Oktober 13, 2008

Setidaknya ini yang terjadi pada blog saya. Saya menyediakan sitemap dalam format XML dengan maksud agar mesin pencari, terutama Google,  sudah mempunyai panduan apa-apa yang perlu diindeks dari blog ini.  Tapi, ketika saya mencari dalam blog saya mengenai website yang menyediakan layanan memberikan screenshot website yang saya lakukan beberapa hari yang lalu, saya mengetahui bahwa halaman tersebut tidak ada dalam hasil pencarian. Saya mengetahuinya melalui halaman lain yang menampilkan judul halaman yang saya cari. Itu mengapa saya katakan penyediaan Sitemap tidak menjamin semua halaman yang URL-nya masuk dalam Sitemap tersebut akan terindeks oleh Google.

Saya pun mengetahui bahwa banyak sebab yang menyebabkan itu terjadi. Misalnya saja ketika mulai mengindeks, waktu yang dialokasikan robot pengindeks Google habis (time out), atau ketika mengunjungi halaman tertentu, server web dimana kita hosting sedang down, dan sebab-sebab lainnya. Saat ini, saya menggunakan plugin Google (XML) Sitemaps Generator for WordPress untuk menghasilkan sitemap yang saat ini tidak hanya ditujukan untuk Google, tapi juga mesin pencari lain yang mengadopsinya seperti Yahoo, MSN, dan Ask.com.

Untuk memandu agar robot Google merasa perlu untuk kembali “berkunjung” ke halaman-halaman sebelumnya, dapat dilakukan dengan membuat link ke halaman tersebut dari halaman lain yang mempunyai prioritas pengindeksan lebih tinggi, misalnya dalam halaman berisi entry baru. Masalah saya pun terselesaikan dengan membuat tautan ke halaman yang sebelumnya tidak terindeks, sehari berikutnya saya cek, halaman tersebut masuk dalam hasil pencarian.

Mencari halaman-halaman mana yang belum terindeks, kemudian diselesaikan dengan cara di atas, bagi saya akan sangat merepotkan. Membuat link ke halaman-halaman yang terkait dengan apa yang saat ini saya tulis, juga dapat membantu agar Google pun mengunjungi halaman lain tersebut, yang mungkin saja halaman lama yang belum terindeks oleh Google. Itu makanya saya mencari plugin WordPress untuk menampilkan tulisan terkait dari apa yang saya tulis. Sepertinya ada beberapa pilihan, tetapi ketika menemukan plugin Yet Another Related Posts Plugin (YARPP), saya sudah merasa cukup dulu. Setidaknya dapat diterapkan pada blog ini yang belum menerapkan penggunaan tag dan dapat diaplikasikan pada semua tulisan termasuk tulisan-tulisan lama. Penggunaan related posts ini juga  saya gunakan sebagai salah satu upaya meningkatkan page views seperti pernah saya baca dari tulisan Budi Putra, disamping membuat internal link ke tulisan lain jika memang ada tulisan sebelumnya yang memang terkait.

Tulisan ini saya mulai ketika saya mendapati sapaan pengunjung melalui widget Digsby pada halaman ini, tetapi meskipun status saya online, sebenarnya saya sedang berada di ruangan lain. Mohon maaf kepada Anda yang mengirim pesan tersebut, tidak ada maksud untuk mengabaikan Anda. Semoga yang saya tulis saat ini, sempat Anda baca dan dapat menjawab pertanyaan Anda tersebut.

Sumber: http://www.maseko.com/Penyediaan Sitemap Tidak Menjamin Halaman Terindeks Google _ maseko’s weblog.htm

2 Tanggapan to "Penyediaan Sitemap Tidak Menjamin Halaman Terindeks Google"

Trimakasih sekali informasinya. Artikel ini yang saya cari-cari.
Karena saat ini, saya memiliki blog di Blooger.com dari sekitar 150 posting hanya 10 posting yang terindek di google. Dan hingga saat ini saya masih kelimpungan dibuatnya.

Perkenalkan saya Ruby dari: http://pusat-akademik.blogspot.com

Dari posting diatas, saya masih belum bigitu mengerti dengan apa yang telah di jelaskan di dalam posting tersebut.

Ada beberapa yang ingin saya pertanyakan berkaitan dengan hal tersebut dan mungkin kiraya bisa membantu permasalahan yang saya alami ini.

1. Yang dimaksud dengan membuat link ke posting yang sudah terindex google itu, Apakan di posting yang sudah terindek google, kemudian membuat kalimat yang di link-kan ke posting yang masih belum terindek atau sebaliknya. Atau mungkin sama saja?

2. Apakah teknik tersebut berlaku untuk pengguna layanan blogger.com?

3. Cara yang lebih praktis selain membuat ling satu persatu dengan cara apa?

Demikian pertanyaan yang saya ajukan dan besar harapan saya agar mas bisa memberikan solusi yang saya alami. dan atas kesediaannya untuk membantu saya ucapkan terimakasih dan semoga bol ini akan menjadi blog yang lebih baik.

wah beneran perlu di cek nie.. ok makasih tas infonya walaupun saya aga telat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: