Blogger Lampung Barat

Sisi Lain Ngeblogging

Posted on: Oktober 12, 2008

Membuat blog sangatlah gampang, hampir sama seperti menulis sebuah email bedanya cuma pada pembacanya. Jika email ditulis untuk dibaca orang tertentu maka tulisan di blog ditujukan bagi siapa saja. Jadi sangatlah mudah untuk membuat blog. karena saat ini sudah banyak tools yang tersedia untuk memudahkan aktifitas ngebloging. Justru bagian yang tersulit adalah bagaimana mengupdatenya serta mempertahankan originalitas tulisan-tulisan sehingga membuat pengunjung tetap mengunjungi blog kita. Di sisi pencarian mesin pencari blog pun dianakemaskan karena saat ini sudah banyak situs-situs yang menyediakan wadah bagi blog-blog untuk mempublikasikan artikel-artikelnya. Sehingga membantu publikasi serta memungkinkan kenaikan pagerank dari blog tersebut. Pertanyaan pun muncul seiring bertambahnya jumlah blog yang sejalan dengan banyaknya artikel-artikel yang terpublish online :

“Apakah ngebloging tidak memiliki efek samping ? Apa efek positif dari kegiatan ngebloging?”

Ternyata jawabannya cukup positif, mengingat aktifitas ngeblog memiliki efek positif untuk perkembangan otak sang blogger. Misalnya bahwa ngebloging membantu perkembangan analisis pikiran dan menumbuhkan sifat kritis pada diri blogger. Dan yang paling utama dari semua keuntungan ngebloging adalah bahwa blog membantu munculnya ide-ide segar dan kaya akan variasi yang membantu perkembangan dan sifat kritis bagi para blogger. Komunitas yang merupakan syarat utama dari keberhasilan sebuah blog juga telah membuktikan bahwa ngebloging bisa menambah teman-teman baru bagi sang blogger. Interaksi antar blogger dan komunitas membawa dampak yang positif terutama bagi mereka yang sulit untuk bergaul di dunia nyata.

Informasi yang didapat dari sebuah blog juga tak jarang sangat unik yang sulit didapatkan dari website lain dan pengunjung bebas untuk mengomentari isi dari sebuah blog. Hal ini dapat menimbulkan sifat kritis bagi pengunjung blog tersebut. Jadi dapat dikatakan bahwa blog tak hanya membawa dampak positif bagi sang blogger namun juga bagi pengunjung blog dan komunitasnya. Asal kita dapat memilih-memilih blog mana saja yang memang pantas untuk kita kunjungi.

Ciri lain dari sebuah blog adalah terdapatnya banyak link yang memberi arah bagi para pengunjung sehingga dapat menambah referensi akan alamat yang dituju. Jika ingin menulis sebuah blog, maka kita perlu memperhatikan beberapa hal yang sebaiknya dihindari dalam ngebloging, beberapa hal ini terkadang banyak diabaikan :

  1. Menulis hanya tentang diri sendiri tanpa memikirkan apa yang dibutuhkan oleh pengunjung. Keegoisan yang ditampilkan juga terlihat dari tidak dihiraukannya komentar para pengunjung blog. Dalam hal ini sang blogger hanya mau menulis sesuatu tentang dirinya pribadi tanpa mau menerima komentar dan masukkan dari pengunjung. Daripada ngebloging dengan cara ini mending sekalian aja blognya dipassword yang hanya bisa diakses sendiri. )
  2. Menulis seolah-olah sangat AHLI untuk membangun kredibilitas pribadi, padahal sebenarnya tidak mengetahui apa-apa. Tulislah sesuatu sesuai dengan apa yang dipahami, toh nantinya akan ada masukan dari para pengunjung yang bisa menambah pengetahuan. Namun alangkah lebih baik jika sebelum menulis tentang sesuatu, carilah dan pelajari dahulu referensi yang mendukung tulisan yang dipublikasikan.
  3. Ngeblog tanpa kategori yang jelas membuat pengunjung bingung akan tujuan dari blog yang sedang dikunjunginya. Tulisan yang tidak memiliki topik yang jelas juga dapat membuat pembaca bingung untuk menangkap apa yang sebenarnya yang ingin kita sampaikan. Jadi sebelum ngebloging tanyakanlah dan jawab pertanyaan-pertanyaan berikut pada diri sendiri: Apa pesan yang ingin disampaikan dari tulisan yang dibuat? Apa fokus dari tulisan tersebut? dan Apakah pengunjung akan memperoleh sesuatu setelah mebaca tulisan tersebut.
  4. Blog ga mencerminkan kepribadian dan bisnis anda. Jika blog yang akan dibuat merupakan sarana bisnis maka buatlah blog yang mencerminkan kepribadian dan bisnis anda. Blog yang dibuat haruslah merupakan bagian dari bisnis yang ditawarkan, buatlah pengunjung blog merasa seperti sedang berbisnis dengan anda ketika mereka mengunjungi blog anda. Jadi blog yang dibuat haruslah mencerminkan image bisnis yang anda.
  5. Ga mau buang-buang waktu mengunjungi blog-blog lain. Hal ini cukup fatal bagi seorang blogger, sangatlah penting menjalin persahabatan dengan blogger lain. Janganlah kita hanya berharap dikunjungi namun malas mengunjungi, toh blogger lain juga memiliki keinginan yang sama dengan kita yakni memiliki pengunjung yang membaca apa yang ditampilkan. Berkunjung ke blog-blog lain juga berguna untuk mengetahui topik apa yang lagi hangat dibicarakan, sehingga kita dapat mengangkat topik tersebut pada blog kita tentunya dengan isi dan gaya sendiri. Asal jangan copy paste artikel dari blog lain aja hehehhe.
  6. Ngeblog dengan hanya mementingkan iklan ataupun promosi produk anda akan menjadikan pengunjung menjadi bosan dan malas mengunjungi kembali. Promosi boleh-boleh saja, tapi sesekali cobalah tulis sesuatu yang tidak bertujuan mempromosikan produk anda. Cari topik lain yang berkaitan untuk didiskusikan.
  7. Ngeblog lalu dibiarkan. Kunjungi selalu blog yang anda buat dan usahakan selalu terupdate.

Jadi tunggu apalagi ayo mulai ngebloging, bagi yang udah sih jangan lupa sharing link ya hehehehe.

Bahan :http://www.zalukhu.com/blogging/sisi-lain-ngeblogging

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: