Blogger Lampung Barat

From Nofollow to Dofollow

Posted on: Oktober 12, 2008

Pas lagi blogwalking saya menemukan blog yang lagi membahas NoFollow dan DoFollow pada wordpress. Saya langsung sadar bahwa blog ini belum saya dofollow-kan padahal sama seperti Jimmy saya juga penganut paham Dofollow. Bagi yang belum paham tentang istilah itu, saya coba berbagi untuk mengkampanyekan gerakan dofollow, ceileee… Mengapa saya katakan kampanye karena topik yang cukup hangat di antara blogger saat ini adalah pemberlakuan aturan nofollow di situs-situs social bookmark yang biasa digunakan untuk mendapatkan backlink. Backlink, yang merupakan suatu hal yang sangat penting dalam meningkatkan PageRank di mesin pencari. Karena salah satu cara mendapatkan backlink secara gratis adalah dengan mengisi komentar di banyak blog sehingga kita dapat memasukkan link alamat blog/website kita untuk mendapatkan backlink. Namun jika blog yang kita komentari memberlakukan aturan NoFollow maka link yang kita masukkan tadi tidak dianggap sebagai backlink.

Untuk mengubah status NoFollow menjadi DoFollow pada lembar komentar di wordpress, dapat menggunakan plugin Do Follow yang dapat di download di sini. Namun bagi yang ingin mengubah status nofollow menjadi dofollow secara manual untuk pembelajaran dapat kita lakukan dengan langkah-langkah sederhana. Untuk itu masuklah ke pengelolaan file di hosting blog bisa lewat File Manager di Control Panel maupun lewat FTP. Di tempat menginstal wordpress cari folder wp-include, nah di folder ini kita akan mengeksekusi 2 file yakni: comment-template.php dan default-filters.php. Namun sebelum kita mengutak ngatik kedua file tersebut alangkah baiknya membuat backupnya dulu.

Kita mulai dengan membuka file comment-template.php (bisa melalui notepad atau php editor lainnya), cari function get_comment_author_link seperti terlihat pada gambar di bawah.

Perhatikan baris yang di block,

$return = “<a href=’$url’ rel=’external nofollow’>$author</a>”;

hapus kata nofollow sehingga kalimat fungsi tersebut menjadi:

$return = “<a href=’$url’ rel=’external’>$author</a>”;

Save file tersebut, kemudian buka file default_filters.php, cari bagian //Misc Filters seperti yang terlihat pada gambar di bawah:

pada awal kalimat yang di block,

add_filter(’pre_comment_content’, ‘wp_rel_nofollow’, 15);

tambahkan tanda // sehingga menjadi :

//add_filter(’pre_comment_content’, ‘wp_rel_nofollow’, 15);

Lalu save dan upload kembali ke hosting jika mengeditnya diluar control panel hosting.

Nah sekarang blog anda telah ikut dalam barisan kampanye Do Follow dimana tiap komentar yang masuk akan menjadi backlink untuk url yang dimasukkan. Namun untuk menjaga-jaga terjadinya spamming pada komentar blog maka pasanglah plugin anti spam seperti aksimet atau SpamKarma misalnya. Selamat mencoba.

Referensi :http://www.zalukhu.com/blogging/from-nofollow-to-dofollow#comment-9561

2 Tanggapan to "From Nofollow to Dofollow"

Lanjutkan dofollownya, moga2 blognya semakin rame.

no folow kekurangannya kadang traffic jadi nurun karena orang yang datang berkunjung berharap backlink
sedangkan dofollow traffic banyak tapl link banyak keluar jadi berpengaruh pada page rank kita

salam kenal ya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: